Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Masker, Begini Cara Pakai yang Benar

Healthy

Virus Novel corona atau dikenal 2019 nCov merupakan jenis baru dari virus corona yang saat ini menjadi perhatian dunia. Pasalnya, virus ini dapat menular dari hewan ke manusia. Berdasarkan update terbaru dari Guardian, tercatat sebanyak 41 orang meninggal dunia akibat terjangkit virus corona.

Lebih dari 1.370 kasus di dunia yang terkonfirmasi adanya virus corona yang menular ke manusia. Dari keseluruhan kasus tersebut, sebanyak 14 negara dilaporkan telah terjangkit virus corona. Sebagai langkah pencegahan, banyak pihak menyarankan penggunaan masker untuk meminimalisir penyebarannya.

Lantas, bagaimana cara penggunaan masker yang benar dan tepat? Salah satu dokter spesialis Mikrobiologi Klinik dari Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. R. Ludhang Pradipta R., M. Biotech, Sp.MK mengungkapkan bahwa penggunaan masker yang benar yakni sisi berwarna berada di luar. "Bagian berwarna masker menghadap ke luar, dengan strip logam di bagian atas," ujar Ludhang saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/1/2020).

Ia juga menambahkan, apabila masker memiliki pita, tali atau pita elastik dapat ditempatkan dengan benar untuk menjaga masker tetap di tempatnya. Masker harus benar benar menutupi hidung, mulut, dan dagu. Strip logam menempel pada batang hidung dan masker harus pas menutup wajah," katanya lagi. Seperti yang diketahui, penggunaan masker adalah cara untuk mencegah penyebaran infeksi saluran pernapasan.

Ludhang menjelaskan, orang yang memiliki gejala infeksi saluran pernapasan, perawat pasien yang memiliki gejala infeksi saluran pernapasan dan pengunjung klinik atau rumah sakit harus memakai masker untuk menurunkan kemungkinan penyebaran penyakit. Adapun masker bedah jika dikenakan dengan benar, efektif dalam mencegah penyebaran infeksi melalui cairan tubuh. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai pemakaian masker, antara lain:

Jika telalu sering menyentuh masker akan mengurangi perlindungannya. Jika Anda harus melakukannya, cuci tangan Anda sebelum dan setelah menyentuh masker. Saat melepaskan masker, hindari menyentuh bagian luar masker, karena bagian ini mungkin dipenuhi kuman Setelah melepaskan masker, masukkan masker ke dalam kantung plastik atau kertas sebelum memasukkannya ke tempat sampah yang memiliki tutup.

Masker bedah harus diganti sekurangnya setiap hari Segera ganti masker jika masker dalam kondisi rusak atau kotor Kemudian, upaya pencegahan virus corona juga dapat dilakukan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi gizi seimbang dan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, masyarakat diimbau agar berhati hati jika kontak dengan hewan.

Sebab virus corona melakukan penularan melalui hewan ke manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *