Mengenal Penyakit Meningitis, Berikut Gejala, Penyebab, dan Jenisnya

Healthy

Meningitis adalah peradangan pada peninges atau tiga membran yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis dikenal juga sebagai radang selaput otak. Dikutip dari Healthline, Kamis (9/4/2020) pada umumnya Meningitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Disebut, anak anak, remaja, dan usia muda memiliki risiko paling besar terjangkit Meningitis terutama yang disebabkan oleh bakteri. Penyebab utama meningitis adalah infeksi, baik itu yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala meningitis yang disebabkan virus dan bakteri dapat serupa.

Namun, gejala meningitis bakteri biasanya lebih parah. Gejalanya juga bervariasi tergantung pada usia. Meningitis virus pada anak dapat menyebabkan:

Nafsu makan menurun Sifat mudah marah Kantuk

Kelesuan Demam Pada orang dewasa, meningitis virus dapat menyebabkan:

Sakit kepala Demam Leher kaku

Kejang Sensitivitas terhadap cahaya terang Kantuk

Kelesuan Mual dan muntah Nafsu makan menurun

Gejala meningitis bakteri berkembang secara tiba tiba. Gejala meningitis bakteri di antaranya: Membuat mental tidak menentu

Mual Muntah Sensitivitas terhadap cahaya

Sifat mudah marah Sakit kepala Demam

Panas dingin Leher kaku Area kulit berwarna ungu yang menyerupai memar

Kantuk Lemas Setiap jenis meningitis memiliki beberapa gejala yang berbeda.

Infeksi virus dan bakteri adalah penyebab paling umum dari meningitis. Ada beberapa bentuk lain dari meningitis. Contohnya termasuk cryptococcal , yang disebabkan oleh infeksi jamur, dan karsinomatosa, yang berhubungan dengan kanker. Meningitis virus adalah jenis meningitis yang paling umum.

Meningitis virus biasanya hilang tanpa pengobatan. Namun, beberapa penyebab memang perlu diobati. Meningitis bakteri dapat menular dan disebabkan oleh infeksi dari bakteri tertentu. Jenis bakteri yang paling umum yakni Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus.

Meningitis jamur adalah jenis meningitis yang langka. Ini disebabkan oleh jamur yang menginfeksi tubuh Anda dan kemudian menyebar dari aliran darah ke otak atau sumsum tulang belakang. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih cenderung terjangkit meningitis jamur.

Jamur yang paling umum yakni Cryptococcus, Blastomyces, Histoplasma, Coccidioides. Meningitis jenis ini lebih jarang terjadi daripada meningitis virus atau bakteri. Meningitis ini disebabkan oleh parasit yang ditemukan di tanah, tinja, dan pada beberapa hewan dan makanan, seperti siput, ikan mentah, unggas, atau produk.

Meningitis parasit tidak ditularkan dari orang ke orang. Meningitis non infeksi bukanlah infeksi. Sebaliknya, itu adalah jenis meningitis yang disebabkan oleh kondisi atau perawatan medis lainnya seperti lupus, cedera kepala, operasi otak, kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *