Rekomendasi Pilwali Surabaya Diumumkan Saat Rakernas PDIP, Pengamat Sebut PDIP Gentle

Uncategorized

DPP PDIP direncanakan akan mengumumkan figur yang direkom pada Pilkada serentak 2020, termasuk untuk Pilwali Surabaya. Menanggapi hal itu, Pengamat dan peneliti SSC Surokim Abdussalam mengatakan, jika figur yang direkom di Surabaya juga ikut diumumkan saat itu, berarti sebuah kejutan yang besar. "Jika Surabaya ikut diumumkan itu wow," kata Surokim, Jumat (3/1/2020).

Surokim beranggapan demikian lantaran PDIP bisa mematahkan anggapan partai besutan Megawati itu bakal mengumumkan figur saat last minutes. "Sekaligus menunjukkan partai kian percaya diri menawarkan kandidatnya kepada publik," terangnya. Surokim mengungkapkan, figur yang direkom dari PDIP di Pilwali Surabaya memang sudah sejak lama ditunggu tunggu, termasuk partai lain yang berniat bertarung dengan Partai berlambang banteng moncong putih itu.

Selain itu, hal itu bisa juga sebagai sebuah pendidikan politik bagi publik, untuk menimbang figur yang diusung PDIP. "Gentle dan meletakkan tradisi kandidasi yang ksatria," tambah Surokim. Meski begitu, dirinya juga meyakini PDIP sebagai partai pemenang di Surabaya, pasti sudah melakukan pertimbangan atas langkah apa yang diambil untuk Pilwali Surabaya 2020.

Apalagi, Surabaya termasuk sentral untuk mempertahankan dominasi kans positif PDIP selama pemilihan langsung di Surabaya. "Surabaya sebagai kota besar tentu amat strategis bagi PDIP dan tentu saja butuh pertimbangan banyak," pungkasnya. Sebelumnya, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari mengungkapkan untuk rekomendasi Pilkada serentak 2020 Jatim akan diumumkan pada tanggal 10 11 Januari 2020 mendatang.

Pengumuman tersebut bertepatan dengan HUT ke 47 dan Rakernas I PDIP. "Nanti DPP yang mengumumkan saat Rakernas," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *